Senin, 22 Oktober 2012

DIFERENSIASI SOSIAL


Diferensiasi merupakan perbedaan individu atau kelompok dalam masyarakat yang tidak menunjukkan adanya suatu tingkatan (hierarki)
Bentuk-bentuk diferensiasi meliputi:
*      Berdasarkan Ras
Pengelompokkan berdasarkan ciri fisik, seperti warna kulit, rambut, serta bentuk-bentuk bagian wajah. Secara garis besar Ras dibagi menjadi 3 kelompok sebagai berikut:
  1. Ras Mongoloid (berkulit kuning kecoklatan)
  2. Ras Negroid (berkulit hitam)
  3. Ras Kaukasoid (berkulit putih)
*       Berdasarkan etnis
Masyarakat terdiri dari berbagai suku bangsa dengan kebudayaan dan bahasa masing- masing.Etnis dibedakan dalam karakteristik budayanya ( Bruce J. Cohen, 1988). Menurut C. Van Vollen Houvenjumlah suku bangsa di Indonesia ada 316 buah. Sedangkan menurut Dr. Koentjaraningrat skitar 119 buah.  Meskipun suku-suku bangsa berada ditempat yang berjauhan dan memiliki perbedaan, namun mereka memiliki dasar-dasar persamaan berikut.
  1. Dasar kehidupan sosial yang sama berdasarkan asas kekerabatan (kekeluargaan)
  2. Asas-asas yang sama dalam hak atas tanah (hak kepemilikan tanah)
  3. Asas-asas persamaan dalam hokum adat.
  4. Sama-sama memiliki suatu bentuk perserikatan dan bentuk hubungan yang tidak dibuat tetapi terjadi yaitu lembaga adat istiadat penduduk asli.
*      Berdasarkan Agama.
Menurut Emile Durkheim (1976), agama merupakan sistem kepercayaan besertaa prakteknya, berkenaan dengan hal-hal yang sakral yang menyatukan pengikutnya dalam suatu komunitas moral.  Dalam perkembangannya agama mempengaruhi masyarakat. sebaliknya masyarakat juga mempengaruhi agama sehingga terjadi sebuah interaksi yang dinamis.
*      Berdasarkan Gender
Gender merupakan cara perilaku bagi pria dan wanita yang sudah ditentukan oleh keduanya atau kodratnya yang kemudian menjadi bagian dari kepribadiannya.
            Peran gender, yaitu pola-pola sikapdan tingkah laku yang diharapkan masyarakat berdasarkan jenis kelamin, dibuat masyarakat, dan diturunkandari generasi ke generasi
*      Diferensiasi profesi
Merupakan pengelompokan masyarakat yang didasarkan pada jenis pekerjaan atau profesianya. Profesi dalam masyarakat sering disebut pekerjaan.


Kun Maryati dan Juju Suryawati. 2007. Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XI. Jakarta : ESIS.
Soerjono Soekanto. 2009. Sosiologi  Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Press.
Tim Sosiologi. 2007. Sosiologi 2 Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Yudhistira.

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar